Selamat Datang Para Alumni SMU P@nbat T.A - 03 and Visitor....
Selamat Menikmati seluruh fasilitas yang tersedia di blogger ini..


C

Rabu, 22 Juli 2009

Kepemimpinan Gaya Surga

Kepemimpinan Gaya Surga



Menurut Peter F. Drucker, kepemimpinan tidak terlepas dari kaitan budaya (kultur) yang disandang oleh masyarakat yang dilayaninya. Kultur itu bahkan tampil sebagai bagian terpadu dalam keseluruhan kepemimpinan itu, menjadi semacam bingkai yang lazim disebut gaya (style). Selanjutnya, terdapat terminologi kepemimpinan gaya Jepang atau kepemimpinan gaya Cina atau kepemimpinan gaya Barat dan seterusnya.

Kepemimpinan bertugas mengemban misi bagi lembaga yang dilayaninya, beroperasi berlandaskan budaya, bertugas mengembangkan tiap kegiatan kerja menjadi produktif, membuat agar tiap kerja berprestasi dan berlandaskan nafas, semangat, dan jiwa budaya. Dalam mengelola dampak sosial dan tanggung jawab sosial, eksistensi, dan kegiatan lembaga yang dilayaninya, pemimpin melakukannya dalam penghayatan terhadap budaya.

Di Asia Timur dan Tenggara barangkali kita dapat tanpa ragu-ragu bicara tentang budaya Jepang, budaya Korea, budaya Cina dan budaya Indonesia, di samping budaya-budaya lain yang lebih lokal dan bersifat regional. Menurut Ki Hajar Dewantara, budaya Indonesia adalah puncak dari semua kebudayaan daerah yang saling berinteraksi dan beradaptasi, kemudian berangsur-angsur larut menjadi satu kepribadian. Gaya kepemimpinan yang diajarkan Ki Hajar Dewantoro: ‘Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani’, yaitu di depan harus menjadi teladan, di tengah harus mendukung, dan di belakang harus mengikuti merupakan salah satu gaya kepemimpinan dengan landasan budaya Indonesia.

Kita juga mengenal gaya kepemimpinan Hasta Brata, yaitu kepemimpinan memiliki sifat matahari, bulan, bintang, angin, api, awan, samudra, dan bumi. Pemimpin yang memiliki sifat matahari harus mampu memberikan semangat membara dan kekuatan spirit kepada anak buahnya. Pemimpin dengan sifat bulan harus menarik, memberikan keindahan suasana kerja, dan pergaulan, serta membuat terang saat muncul kegelapan. Pemimpin yang memiliki sifat bintang harus dapat memberikan arah yang benar bagi perjalanan suatu organisasi atau lembaga. Pemimpin juga harus mempunyai sifat angin. Dia harus mampu berkomunikasi dengan baik, mampu memotivasi, dan dapat mengisi kekurangan anak buahnya dengan ungkapan kata menyejukkan, bukan sekadar mencela. Pemimpin dengan sifat api dapat bersikap tegas, dan tanpa pandang bulu menindak yang bersalah tanpa ragu-ragu. Sifat awan memiliki kewibawaan kuat, dihormati sekaligus dicintai rakyat. Pemimpin juga harus memiliki sifat samudra dan bumi. Yakni pemimpin harus mampu menampung segala permasalahan, tetap sabar dan tenang dalam memberikan solusi. Dia juga harus teguh dan kuat dalam pendirian, tetapi siap pula mendengar masukan dari mana pun untuk dijadikan bahan pertimbangan.
Sejarah membuktikan bahwa hantaman badai waktu dan zaman tidak mampu mengubah sendi-sendi dasar budaya, yaitu kepercayaan pada Dzat Yang Maha Tinggi, Sang Maha Pencipta serta kebersamaan dalam konteks kegotongroyongan. Secara sosiologis, pola dasar budaya kepemimpinan Indonesia adalah kepemimpinan paguyuban.

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah menciptakan anak Adam dengan delapan sifat. Empat sifat untuk ahli Surga, yaitu wajah yang manis, lisan yang fasih, hati yang suci, dan tangan yang memberi bantuan, sedangkan empat sifat yang lain untuk ahli Neraka adalah mereka yang berwajah muram, ucapan yang keji, hati yang keras, dan tangan yang tidak mau membantu.” Pemimpin yang berlandaskan akhlak dengan wajah yang manis, lisan yang fasih, hati yang suci, dan tangan yang memberi bantuan merupakan pemimpin dengan Kepemimpinan Gaya Surga.

Penulis : M. Suyanto , Ketua STMIK AMIKOM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Request Member kirim e-mail: my.library3@gmail.com OR call : +971501097803-dimaZ